BBM Untuk Android Akan Jadi Aplikasi Berbayar?


BBM untuk Android menjadi aplikasi yang berbayar akan memiliki nilai tersendiri diantara aplikasi messenger lain nya. Kita semua mungkin pernah mendengar atau membaca bahwa RIM mulai mengalami keterpurukan yang cukup drastis, hal ini ditambah lagi dengan berubah nya tren perangkat mobile seiring dengan berkembang nya teknologi yang sangat pesat.

Dengan berita bahwa BBM akan hadir pada Android dan iOS banyak komentar yang mengatakan RIM bangkrut, mungkin.. tapi mungkin juga justru sebaliknya. Gus Papageorgiou seorang pengamat ekonomi dari ScotiaBank mengatakan Blackberry bisa menaikan jumlah pengguna aplikasi BBM dari jumlah yang berkisar 60 juta pengguna saat ini sampai dengan 250 juta pengguna dalam setahun. Hal ini berdasarkan sebuah logika yang sangat simpel, lihat saja Whatsapp yang mengklaim mempunyai 250 juta pengguna aktif dan itu merupakan aplikasi yang berbayar per tahun nya, Whatsapp pada iOS pun akan memberlakukan sistem pembayaran yang sama seperti Android.

BBM untuk Android dan iOS sepertinya bisa menjadi jalan terbaik bagi RIM, bahkan bisa menjadi sumber pendapatan baru. Contoh saja apabila BBM untuk Android dikenakan biaya yang sama seperti hal nya Whatsapp sepertinya masih masuk akal, katakanlah dengan biaya $0.99 atau dibulatkan menjadi 10 ribu rupiah. Disisi lain, Whatsapp yang selama ini menjembatani antara pengguna Blackberry dengan Android dan iOS memberikan kemudahan dalam berkomunikasi melalui sistem instant messenger yang berdasarkan pada nomer telepon masing masing pengguna nya, sementara BBM menggunakan PIN sebagai ID.

Melirik fitur yang diberikan oleh masing masing aplikasi messenger pasti ada plus dan minus nya, ada yang lebih cenderung mementingkan faktor simpel, cepat dan nyaman dan ada juga yang memang menyukai emoticon yang lucu, fitur push-to-talk, timeline story dan masih banyak lagi. BBM dalam hal ini bisa jadi akan mengadopsi keseluruhan fitur yang ada, apalagi BBM pada OS10 terbaru bisa melakukan panggilan videocall terhadap sesama pengguna BBM.

Kemungkinan BBM akan mendominasi sebagai aplikasi messenger lintas platform bisa saja terjadi, tetapi jika melihat kompabilitas Whatsapp yang sangat luas tentunya menjadi bahan pertimbangan yang tidak bisa dianggap sepele.  Bagaimana menurut Anda, apakah patut menggunakan BBM untuk Android dengan sistem berbayar seperti Whatsapp? Apakah BBM akan mampu menggeser tahta yang disandang oleh Whatsapp?

0 komentar "BBM Untuk Android Akan Jadi Aplikasi Berbayar?", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar