Jenis-Jenis Logo

Logo memiliki bermacam-macam kegunaan, sehingga antara satu dengan yang lain sangat mungkin berbeda karena tujuan dan maksut pembuatanya pun tak sama. Maka dari itu logo dibagi menjadi beberapa jenis, berikut adalah beberapa jenis pengelompokan logo :

Word Mark Logo
Jenis logo ini hanya menampilkan typografi, sama sekali tidak mengambil simbol atau gambar tertentu. Perancangan logo jenis ini dengan cara membuat model Tulisan yang unik, atau membentuk simbol tersembuyi dari bentukan nama perusahaan.
Contoh logo jenis Word Mark adalah seperti pada logo Coca-Cola, Fedex, Google, Disney.

Pictoral mark Logo
Jenis Logo ini menampilkan gambar atau simbol yang mencerminkan nama dari perusahaan. Perancangan logo jenis initerdiri dari simbol atau gambar yang mewakili nama perusahaan..Gambar atau simbol yang digunakan adalah gambar atau simbol yang mudah untuk dikenali.
Contoh Logo jenis Pictoral mark adalah seperti pada logo Shell, Puma, Garuda Indonesia,  Apple.

Abstract mark logo
Jenis logo ini sangat menekankan nilai filosofi terbentuknya perusahaan atau bidang usahanya. Bahkan terkadang hanya pemilik dari perusahaan itu sendiri yang mengetahui makna/filosofi logo itu. Jenis logo ini biasanyamemiliki keunikan tersendiri agar tetap meninggalkan kesan pada konsumen.
Contoh logo jenis Abstrak Mark adalah seperti pada logo Telkom Indonesia, Indosat,Pepsi, Nike.
Letter form logo
Jenis logo ini menggunakan inisial nama perusahaan untuk dijadikan sebuah logo. Jenis logo inilah yang paling sering digunakan oleh perusahaan, karena dapat mewakili nama perusahaan dan logo dapat dibentuk dengan unik dan sederhana. Namun logo ini juga cukups sulit untuk dirancang, karena ada banyak inisal perusahaan didunia yang sama sehingga memiliki kecenderungan logo yang juga mirip.
Contoh logo jenis Letter form adalah seperti pada logo Unilever, Motorola, Suzuki, Mc Donald.
Emblem logo
Jenis logo ini dirancang dengan bentuk yang mendetail, biasanya didominasi dengan elemen gambar. Logo emblem banyak digunakan pada instansi pemerintah, logo klub olah raga, mobil mewah dan organisasi. 
Contoh logo jenis Emblem adalah seperti pada logo Ferrari, Club sepak bola Liverpool, Lamborghini, Polisi lalu lintas Indonesia







Character logo
Jenis Logo ini menggunakan  karakter untuk mewakili dari perusahaan tertentu. Karakter yang mencerminkan perusahaan akan sangat membantu dalam pemasaran produk, oleh karenanya kebanyakan perusahaan yang menggunakan jenis logo ini adalah perusahaan yang menjual produk tertentu seperti makanan, minuman dan aksesoris. Keuntungan dari jenis logo ini adalah logo bisa digunakan sebagai maskot, sehingga dapat dipakai untuk memeriahkan even yang berhubunganuntuk promosi produk perusahaan secara terbuka. 
Contoh logo jenis Character adalah adalah seperti pada logo Michelin, Green Giant, Hoka-Hoka Bento, KFC.












0 komentar "Jenis-Jenis Logo", Baca atau Masukkan Komentar

Poskan Komentar